Kamis, 25 Februari 2016

RINGKASAN LINGKUNGAN EKONOMI BISNIS

LINGKUNGAN EKONOMI BISNIS


Suatu Perusahaan sebagai salah satu bagian dari lingkungan ekonomi perlu mencermati situasi dan kondisi ekonomi. Optimaslisasi kekuatan dan kelemahan perusahaan tidak menjamin suatu perusahaan menjadi sukses. Manajemen perusahaan perlu melakukan antisipatif terhadap peluang dan ancaman baik dari lingkungan makro maupun lingkungan mikro.
Kondisi ekonomi cenderung dapat merefleksikan kondisi bisnis yang nyata. Peningkatan pertumbuhan ekonomi cenderung dapat mengakibatkan jumlah konsumsi dan permintaan yang semakin  meningkat, sebaliknya jika pertumbuhan ekonomi yang menurun maka dapat mengakibatkan jumlah konsumsi dan permintaan menjadi menurun. dimana Besaran sensitifitas atas pertumbuhan ekonomi tiap-tiap industri berbeda-beda.
Selain pertumbuhan ekonomi terdapat beberapa factor yang dapat mempengaruhi kinerja suatu perusahaan seperti factor yang berasal dari dalam dan factor yang berasal dari luar perusahaan sehingga dapat didefinisikan sebagai lingkungan ekonomi bisnis.

A.    Pengertian lingkungan ekonomi bisnis
Lingkungan adalah situasi dan kondisi, ruang dan waktu, yang berkaitan langsung dan mewadahi realitas. Sedangkan pengertian Ekonomi adalah urusan untuk pemenuhan kebutuhan dengan satuan monetis. Menurut Mahmud Machfoedz, dalam http://dokumen.tips/documents/makalah-lingkungan-bisnis.html Bisnis adalah usaha perdagangan yang dilakukan oleh sekelompok orang yang terorganisasi untuk mendapatkan laba dengan memproduksi dan menjual barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan konsumen.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa Lingkungan bisnis adalah segala sesuatu yang mempengaruhi aktivitas bisnis dalam suatu lembaga organisasi atau perusahaan.


B.     Lingkungan eksternal dan internal
Lingkungan eksternal
Berikut ini adalah beberapa definisi lingkungan eksternal menurut beberapa pakar dalam http://adeelive.blogspot.co.id/2012/03/manajemen-dan-lingkungan-eksternal.html
· menurut (Chuck Williams, 2001:51) Lingkungan eksternal adalah semua kejadian di luar perusahaan yang memiliki potensi untuk mempengaruhi perusahaan
· menurut (t hani handoko 1999:62 ) Lingkungan eksternal terdiri dari unsur-unsur di luar perusahaan yang sebagian besar tak dapat dikendalikan dan berpengaruh dalam pembuatan keputusan oleh manajer · sedangkan
Menurut (James A.F. Stoner,1996:66) Lingkungan eksternal terdiri atas unsur-unsur yang berada di luar suatu organisasi, yang relevan pada kegiatan organisasi itu.
Sehingga dapat dijabarkan bahwa Lingkungan eksternal adalah lingkungan yang berada di luar organisasi saling mempertukarkan sumber dayanya dengan organisasi tersebut dan tergantung satu sama lain. Organisasi mendapatkan input (bahan baku, uang, tenaga kerja) dari lingkungan eksternal, kemudian ditransformasikan menjadi produk dan jasa sebagai output bagi lingkungan eksternal. 

Lingkungan internal
Menurut Jauch dan Glueck (1997) dalam http://serewax.blogspot.co.id/2014/03/analisis-lingkungan-internal.html, lingkungan internal adalah proses dimana perencanaan strategi mengkaji faktor internal perusahaan untuk menentukan dimana perusahaan memiliki kekuatan dan kelemahan yang berarti sehingga dapat mengelola peluang secara efektif dan menghadapi ancaman yang terdapat dalam lingkungan. 
Terdapat 4 dimensi dalam lingkungan internal ini yaitu
      1. Pemasaran adalah proses perencanaan dan melaksanakan konsep, promosi, harga serta distribusi     beberapa ide, barang atau jasa guna menghasilkan pertukaran yang bisa memuaskan tujuan individu   dan organisassi. (American Marketing Association)                                                                              
      2. Operasi merupakan suatu bentuk dari pengelolaan yang optimal dan menyeluruh serta melingkupi       beberapa masalah antara lain adalah tenaga kerja, produk yang dapat dijadikan sebagai produk    dalam bentuk jasa atau barang yang dapat memberikan keuntungan, dan juga barang barang di             antaranya adalah peralatan, mesin dan juga barang barang mentah.                                            
      3. Sdm atau sumber daya manusia adalah suatu proses menangani berbagai masalah yang mencaup ruang lingkup karyawan, pegawai, buruh, manajer dan tenaga kerja.
      4. Keuangan adalah upaya penyediaan uang dan mempergunakan dana tersebut untuk mendapatkan       aset (aktiva). (Liehman)
  
       C.    Lingkungan makro dan mikro
Lingkungan Makro, merupakan tempat di mana perusahaan harus memulai pencariannya atas peluang dan kemungkinan ancaman. Lingkungan ini terdiri dari semua pihak dan kekuatan yang mempengaruhi operasi dan prestasi perusahaan. Perusahaan perlu untuk memahami kecenderungan akan lingkungan saat ini.

Lingkungan makro perusahaan terdiri dari enam kekuatan utama, yaitu :
1. Lingkungan demografi, memperlihatkan pertumbuhan penduduk dunia yang tinggi, perusahaan distribusi, umur, etnis, dan pendidikan, jenis rumah tangga baru, pergeseran populasi secara geografi, dan perpecahan dari pasar masal menjadi pasar-pasar mikro.
2. Lingkungan ekonomi, memperlihatkan suatu perlambatan dalam pertumbuhan pendapatan riil, tingkat tabungan yang rendah dan hutang yang tinggi, dan perubahan pola pengeluaran konsumen.
3. Lingkungan alam, memperlihatkan kekurangan potensial dari bahan baku tertentu, biaya energi yang tidak stabil, tingkat populasi yang meningkat, dan gerakan “hijau” yang berkembang untuk melindungi lingkungan.
4. Lingkungan teknologi, memperlihatkan perubahan teknologi yang semakin cepat, kesempatan inovasi yang tak terbatas, anggaran riset dan pengembangan yang tinggi, konsentrasi pada perbaikan kecil daripada penemuan besar, dan pengaturan yang meningkat terhadap perubahan teknologi.
5. Lingkungan politik, memperlihatkan pengaturan bisnis yang substansial, peranan badan pemerintah yang kuat, dan pertumbuhan kelompok kepentingan umum.
6. Lingkungan budaya, memperlihatkan kecenderungan jangka panjang menuju realisasi diri, kepuasan langsung, dan orientasi yang lebih sekuler.

Lingkungan mikro, dimana perusahaan dapat melakukan aksi – reaksi terhadap faktor – faktor penentu Opportunty (peluang pasar) dan juga Threat (ancaman dari luar).
Faktor – faktor yang mempengaruhi, lingkungan mikro :
1.   Pemerintah
Pemasaran harus mempertimbangkan bagian lain dalam perusahaan termasuk keuangan, litbang, pemeblian, operasi/produksi, dan akuntansi sebagaimana seperti pelanggan.
     2.  Persaingan
Saat ini batasan pesaing menjadi lebih luas, tidak hanya perusahaan lain yang menghasilkan produk sejenis, bahkan produk lain yang sangat berbeda tetapi memperebutkan suatu anggaran yang terbatas.
      3.  Pemasok
Pemasok adalah perusahaan dan atau individu yang menyediakan sumberdaya yang dibutuhkan perusahaan untuk menghasilkan barang dan jasa.
      4.  Konsumen
Pelanggan dari sebuah perusahaan dapat berupa pelanggan individu (pengguna akhir suatu produk) maupun pelanggan lembaga/institusi/organisasi yang bukan pengguna akhir.

Referensi : Supawi Pawenang, 2016, Modul Perkuliahan Lingkungan Ekonomi Bisnis, Surakarta: Program Pascasarjana, UNIBA.

5 komentar:

  1. Ibu, di referensi perlu dicantumkan: Supawi Pawenang, 2016, Modul Perkuliahan Lingkungan Ekonomi Bisnis, Surakarta: Program Pascasarjana, UNIBA.

    BalasHapus
  2. Assalamualaikum Salam sejahtera untuk kita semua,SAYA IBU SUKMAWATI Sengaja ingin menulis
    sedikit kesaksian untuk berbagi, barangkali ada teman-teman yang sedang
    kesulitan masalah keuangan, Awal mula saya mengamalkan Pesugihan Tanpa
    Tumbal karena usaha saya bangkrut dan saya menanggung hutang sebesar
    2M saya sters hampir bunuh diri tidak tau harus bagaimana agar bisa
    melunasi hutang saya, saya coba buka-buka internet dan saya bertemu
    dengan AKI_SAKTI, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama 1 MINGGU
    saya berpikir, saya akhirnya bergabung dan menghubungi AKI_SAKTI
    kata BELIAU pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan
    penarikan uang gaib 7Milyar dengan tumbal hewan, Semua petunjuk saya ikuti
    dan hanya 1 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah akhirnya 7M yang saya
    minta benar benar ada di tangan saya semua hutang saya lunas dan sisanya
    buat modal usaha. sekarang rumah sudah punya dan mobil pun sudah ada.
    Maka dari itu, setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya
    sering menyarankan untuk menghubungi AKI_SAKTI DI NOMOR 085_242_421_477
    agar di berikan arahan. jika ingin seperti saya coba hubungi AKI_SAKTI pasti akan di bantu Oleh Beliau

    BalasHapus
  3. referensi yang menarik, orang ekonomi perlu baca artikel anda.
    usaha modal kecil untung besar

    BalasHapus
  4. terima kasih ,,sangat bermanfaat info tentang LINGKUNGAN EKONOMI BISNIS nya :)

    BalasHapus