Rabu, 30 Maret 2016

Daya Beli Masyarakat

Dalam lingkungan ekonomi bisnis kita juga harus memperhatikan beberapa hal yang berhubungan dengan masyarakat secara luas, salah satunya adalah mengenai daya beli masyarakat dimana daya beli masyarakat ini dapat digunakan sebagai pertimbangan dalam mengambil keputusan maupun strategi bisnis kita. 

A. Pengertian daya beli masyarakat
    menurut Dr. Supawi pawengan adalah kemampuan masyarakat sebagai konsumen untuk membeli barang atau jasa yang dibutuhkan. daya beli masyarakat ini ditandai dengan meningkat ataupun menurun, dimana daya beli meningkat jika lebih tinggi dibanding periode lalu sedangkan daya beli menurun ditandai dengan lebih tingginya kemampuan beli masyarakat dari pada periode sebelumnya.

B. factor yang mempengaruhi daya beli masyarakat
berikut ini adalah beberapa faktor yang dapat mempengaruhi daya beli masyarakat antara lain yaitu :
1. Tingkat Pendapatan
Pendapatan merupakan suatu balas jasa dari seseorang atas tenaga atau pikiran yang telah disumbangkan, biasanya berupa upah atau gaji. Makin tinggi pendapatan seseorang makin tinggi pula daya belinya dan semakin beraneka ragam kebutuhan yang harus dipenuhi, dan sebaliknya.
2. Tingkat Pendidikan
Makin tinggi pendidikan seseorang makin tinggi pula kebutuhan yang ingin dipenuhinya. Contohnya seorang sarjana lebih membutuhkan computer dibandingkan seseorang lulusan sekolah dasar.
3. Tingkat Kebutuhan
Kebutuhan setiap orang berbbeda-beda. Seseorang yang tinggal di kota daya belinya akan lebih tinggi jika dibandingkan dengan yang tinggal di desa.
4. Kebiasaan Masyarakat
Di zaman yang serba modern muncul kecenderungan konsumerisme didalam masyarakat. Penerapan pola hidup ekonomis yaitu dengan membeli b arang dan jasa yang benar-benar dibutuhkan, maka secara tidak langsung telah meningkatkan kesejahteraan hidup.
5. Harga Barang
Jika harga barang naik maka daya beli konsumen cenderung menurun sedangkan jika harga barang dan jasa turun maka daya beli konsumen akan naik. Hal ini sesuai dengan hokum permintaan.
6. Mode
Barang-barang yang baru menjadi mode dalam masyarakat biasanya akan laku keras di pasar sehingga konsumsi bertambah. Dengan demikian mode dapat mempengaruhi konsumsi.

C. pengukuran daya beli masyarakat
menurut Dr. Supawi Pawenang pengukuran daya beli masyarakat dapat dilakukan dengan dua indeks yaitu indeks harga konsumen dan indeks harga produsen.
1. indeks harga konsumen 
yaitu suatu pengukuran keseluruhan biaya pembelian produk oleh rata-rata konsumen. dimana dalam pengukuran indeks ini perlu memperhatikan beberapa hal yaitu harga, kuantitas, tahun dasar, dan tahun pembelian.
2. indeks harga produsen 
yaitu pengukuran biaya untuk memproduksi barang yang akan dibeli konsumen.

D. masalah-masalah dalam penghitungan daya beli 
berikut ini adalah beberapa masalah yang sering muncul dalam penghitungan daya beli menurut Dr. Supawi Pawenang yaitu :
1. bias substitusi atau adanya perubahan harga dari satu tahun ke tahun berikutnya yang tidak proporsional,
2. selalu bermunculannya produk-produk baru,
3. perubahan kualitas yang tidak terukur.

Referensi : Supawi Pawenang, 2016, Modul Perkuliahan Lingkungan Ekonomi Bisnis, Surakarta: Program Pascasarjana, UNIBA.

1 komentar: