Rabu, 30 Maret 2016

Lingkungan ekonomi bisnis makro

Lingkungan ekonomi bisnis makro

Dalam lingkungan ekonomi bisnis kita mengenal yang namanya lingkungan ekonomi bisnis makro. menurut Dr. Supawi Pawenang lingkungan ekonomi bisnis makro adalah lingkungan yang tidak bersentuhan langsung dengan bisnis atau dengan kata lain bahwa Lingkungan makro perusahaan terdiri dari para pelaku dalam lingkungan yang tidak langsung berkaitan dengan perusahaan namun memberikan dampak yang langsung maupun tidak langsung terhadap perusahaan. 

Lingkungan ekonomi bisnis makro perusahaan terdiri dari enam kekuatan utama, yaitu :
1. Lingkungan demografi, 
memperlihatkan pertumbuhan penduduk dunia yang tinggi, perusahaan distribusi, umur, etnis, dan pendidikan, jenis rumah tangga baru, pergeseran populasi secara geografi, dan perpecahan dari pasar masal menjadi pasar-pasar mikro.
2. Lingkungan ekonomi, 
memperlihatkan suatu perlambatan dalam pertumbuhan pendapatan riil, tingkat tabungan yang rendah dan hutang yang tinggi, dan perubahan pola pengeluaran konsumen.
3. Lingkungan alam, 
memperlihatkan kekurangan potensial dari bahan baku tertentu, biaya energi yang tidak stabil, tingkat populasi yang meningkat, dan gerakan “hijau” yang berkembang untuk melindungi lingkungan.
4. Lingkungan teknologi, 
memperlihatkan perubahan teknologi yang semakin cepat, kesempatan inovasi yang tak terbatas, anggaran riset dan pengembangan yang tinggi, konsentrasi pada perbaikan kecil daripada penemuan besar, dan pengaturan yang meningkat terhadap perubahan teknologi.
5. Lingkungan politik, 
memperlihatkan pengaturan bisnis yang substansial, peranan badan pemerintah yang kuat, dan pertumbuhan kelompok kepentingan umum.
6. Lingkungan budaya, 
memperlihatkan kecenderungan jangka panjang menuju realisasi diri, kepuasan langsung, dan orientasi yang lebih sekuler.

Referensi : Supawi Pawenang, 2016, Modul Perkuliahan Lingkungan Ekonomi Bisnis, Surakarta: Program Pascasarjana, UNIBA.

1 komentar: